SOAL PLH KELAS 9
A. Sumber daya listrik
B. Sumber daya alam
C. Sumber daya manusia
D. Sumber daya nabati
2.Menurut jenisnya, bahan tambang, tanah, batuan dan air termasuk sumber daya alam….
A. Biotik
B. Abiotik
C. Tidak terbatas
D. Renewable
3.Contoh dari sumber daya alam yang non-renewable adalah….
A. Tanah, air, barang tambang
B. Hutan, daerah pertanian dan barang tambang
C. Manusia, hewan, tumbuhan dan mikroba
D. Minyak bumi, batu bara, gas alam dan emas
4. Berdasarkan jenisnya, sumber daya alam dibagi menjadi….
A. Hayati dan non hayati
B. Terrestrial dan aquatik
C. Materi dan energi
D. Diperbarui dan tidak dapat diperbarui
5. Menurut potensinya, sumber daya alam dibagi menjadi….
A. Hayati dan non hayati
B. Terrestrial dan aquatik
C. Materi dan energi
D. Diperbarui dan tidak dapat diperbarui
6. Menurut jenisnya, hutan beserta satwa yang terdapat di dalamnya disebut sumber daya alam….
A. Hayati
B. Non hayati
C. Renewable
D. Non renewable
7. Sumber daya alam nonhayati disebut juga sumber daya alam….
A. Nabati
B. Biotik
C. Abiotik
D. Hewani
8. Barang tambang yang digunakan sebagai bahan bakar untuk menggerakkan kereta api adalah….
A. Batu bara
B. Paraffin
C. Bensin
D. Liquid Petroleum Gas
9. Diantara hewan berikut ini yang dimanfaatkan telurnya untuk dikonsumsi adalah….
A. Burung beo
B. Burung perkutut
C. Burung puyuh
D. Burung kakaktua
10. Berikut ini hasil tanaman perkebunan yang dimanfaatkan untuk produksi minyak goreng adalah….
A. Cengkeh
B. Tembakau
C. Kelapa sawit
D. Mangrove
11. Air merupakan kebutuhan utama semua makhluk hidup. Air dapat dimanfaatkan untuk kegiatan berikut,kecuali….
A. Transportasi
B. Irigasi
C. Erosi
D. Rekreasi
12. Pemanfaatan sumber daya hutan, perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut, kecuali…
A. tidak melakukan penebangan penebangan pohon dengan semena-mena
B. penebangan kayu dilaksanakan secara terencana dengan sistem tebang pilih
C. cara penebangan harus dilaksanakan sedemikian rupa sehingga tidak merusak pohon-pohon muda disekitarnya
D. penebangan pohon secara terus menerus
13. Upaya-upaya yang dapat kita lakukan agar lingkungan sekitar tetap bersih dan sehat adalah sebagai berikut, kecuali...
A. Menanam pohon
B. Membuang sampah keselokan
C. Ikut bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar
D. Membuang sampah pada tempatnya
14. Wujud cinta lingkungan hidup dapat dilakukan dengan penangkaran hewan yang bermanfaat. Salah satu hewan yang dapat dilestarikan di rumah adalah….
A. Ayam C. Harimau
B. Penyu D. Kukang
15. Melestarikan lingkungan hidup di sekitar rumah dapat dilakukan dengan cara….
A. Membersihkan halaman rumah
B. Membuat peraturan masyarakat
C. Melakukan perekrutan anggota pencinta lingkungan
D. Melakukan rehabilitasi lingkungan
16. Salah satu kerusakan hutan akan menyebabkan hal-hal dibawah ini, kecuali
a. Tanah lonsor c. Menjaga kesuburan tanah
b. Perubahan iklim d. Punahnya jenis fauna tertentu
17. Daerah target konservasi di wialayah Tulungagung adalah
a. Kecamatan Boyolangu c. Kecamatan Campurdarat
b. Kecamatan Sumbergempol d. Kecamatan Ngantru
18. Bencana alam yang disebabkan oleh gelombang-gelombang seismic dari dalam lapisan kulit bumi disebut
a. Banjir c. Gempa bumi
b. Tanah longsor d. Angin putting beliung
19. Cara memanfaatkan sampah organik adalah
a. Dibuat kompos c. Di bakar
b. Di daur ulang d. Di keringkan
20. Pemanfaatan sampah organik menjadi kompos sedang digalakkan karena
a. Sulit pembuatannya c. Kompos ramah lingkungan
b. Menimbulkan pencemaran d. Kompos mempunyai harga jual tinggi
21. Dapat mengubah dan struktur tanah merupakan salah satu akibat dari pencemaran tanah oleh
a. Pupuk organik
b. Sampah yang tidak bisa diurai oleh mikroorganisme
c. Air
d. Sampah organik
22. Limbah industri atau sisa insektisida yang masuk kedalam air dapat menyebabkan
a. Warna air jernih c. Spesies ikan bertambah
b. Air disungai tidak berbau d. Terganggunya aktivitas kehidupan organisme
23. Masuknya limbah hasil manusia ke dalam suatu wilayah tertentu sehingga kualitas lingkungan menjadi berubah merupakan definisi dari
a. Reboisasi c. Gerakan sejuta pohon
b. Konservasi lingkungan d. Pencemaran lingkungan
24. Istilah AMDAL kependekan dari
a. Analisa Mengenal Dampak Lingkungan
b. Analisis Mengenal Dampak Lingkungan
c. Analisa Mengenal Dampak Lingkungan Hidup
d. Analisis Dampak Lingkungan Hidup
25. Pencemaran tanah disebabkan oleh hal-hal berikut, kecuali
a. Limbah rumah tangga c. Limbah pertanian
b. Limbah industri d. Pupuk organik
26. Upaya peningkatan kualitas manusia secara bertahap dengan memperhatikan faktor lingkungan adalah
a. Pembangunan berkelanjutan c. Kependudukan
b. Pembangunan d. Lingkungan hidup
27. Salah satu akibat dari pencemaran udara adalah
a. Kebakaran hutan c. Timbulnya lahan kritis
b. Terjadinya kekeringan d. Suhu disekitar menjadi panas
28. Untuk mengurangi pencemaran sungai dilakukan kegiatan
a. One man one tree c. GSP
b. Reboisasi d. PROKASIH
29. Polusi udara dapat dicegah melalui cara-cara berikut
a. Penggunaan air sesuai kebutuhan c. Budaya gemar menanam pohon
b. Menghemat SDA d. Mencabut kabel laptop bila tidak digunakan
30. Salah satu perbedaan pembangunan konvensional dengan pembangunan berkelanjutan adalah
a. Pemanfaatan SDA secara bijaksana c. Mengutamakan peningkatan kualitas
b. Pemerataan hasil pembangunan d. Menekan jumlah kelahiran
31. SDA yang mendukung pembangunan antara lain
a. Kerjasama dengan luar negeri c. Perbaikan kualitas lingkungan
b. Birokrasi pemerintah d. IPTEK
32. Untuk menunjang pembangunan berkelanjutan dilaksanakan prinsip-prinsip berikut
a. Demokratis, terbuka c. Jujur anti KKN
b. Serasi, selaras, seimbang d. Adil, Sejahtera
33. Dimensi ekonomi dalam pembangunan berkelanjutan dilaksanakan hal berikut, kecuali
a. Integritas ekosistem c. Penghematan SDA
b. Ramah lingkungan d. Kebudayaan
34. Dimensi ekonomi, sosial, ekologi mempunyai tujuan untuk
a. Pemerataan pembangunan c. Meningkatkan kualitas manusia
b. Mengurangi bencana d. Mobilitas ekonomi yang kuat
35. Dalam meningkatkan kualitas manusia dilaksanakan tiga dimensi yaitu
a. Dimensi ekonomi, sosial, ekologi
b. Dimensi ekonomi, sosial budaya
c. Dimensi sosial, budaya dan IPTEK
d. SDA, SDM IPTEK
36. Potensi fisik yang dimiliki desa adalah
a. Tanah, air, iklim, flora dan fauna
b. Tanah, air, iklim
c. Air, iklim, flora dan fauna
d. Tanah, flora dan fauna
37. Salah satu bentuk interaksi desa dan kota adalah
a. Jumlah urbanisasi c. Persaingan fasilitas hidup
b. Persaingan pendapatan d. Jumlah angka mortalitas
38. Tujuan tata ruang adalah
a. Keseimbangan dan keberlanjutan antara ruang alam dan ruang manusia
b. Masyarakat yang harmonis
c. Kesejahteraan masyarakat
d. Kegiatan ekonomi yang lancar
39. Pada desa yang sudah berkembang tata guna lahannyasudah teratur dengan adanya
a. Pasar, tempat ibadah, sarana dan prasarana
b. Pasar, tempat ibadah, lapangan olah raga
c. Balai kesehatan, pasar, terminal
d. Terminal, pasar, lapangan olah raga
40. Pola tata ruang desa yang belum berkembang ditandai
a. Jarak antara rumah cukup loggar
b. Adanya sarana dan prasarana pendidikan
c. Adanya tempat ibadah
d. Terdapat pasar
41. Pola ruang disuatu wilayah berfungsi
a. Untuk keperluan tertentu
b. Untuk fungsi lindung dan peruntukan ruang untuk fungsi budidaya
c. Menjaga keseimbangan
d. Pemeliharaan jalan kota
42. Faktor-faktor kerusakan lingkuangan adalah
a. Reboisasi c. Tebang pilih
b. Pencemaran air d. Pergiliran tanaman
43. Salah satu ciri air yang tercemar adalah
a. Air bergelombang c. Perubahan warna, bau dan rasa air
b. Volume air sumur mengecil d. Tekanan air tinggi
44. Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kerusakan lingkungan adalah
a. Penebangan hutan
b. Tidak membuang sampah sembarangan
c. Memakai minyak wangi dalam bentuk spray
d. Pembakaran sampah
45. Penurunan baik secara kuantitas maupun kualitas lingkungan disebut
a. Pencemaran lingkungan c. Pembangunan berwawasan lingkungan
b. Pembangunan lingkungan d. Degradasi lingkungan
46. Penyajian data harus ditulis secara
a. Sistem dan komunikatif c. Ilmiah
b. Runtun d . Bisa dipertanggungjawabkan
47. Gambaran umum karya ilmiah tercermin dalam
a. Pembatasan masalah c. Rumusan masalah
b. Latar belakang d. Penutup
48. Dalam rumusan masalah berisi
a. Uraian yang relevan dengan masalah yang disajikan
b. Temuan-temuan dalam penelitian
c. Kesimpulan penelitian
d. Saran yang diungkapkan
49. Salah satu tahap-tahap penyusunan laporan ilmiah adalah
a. Penulisan latar belakang c. Penyusunan kata pengantar
b. Penyusunan rumusan masalah d . Pemilihan naskah
50. Kesimpulan dan saran merupakan isi dari
a. Pendahuluan c. Latar belakang
b. Penutup d. Kata pengantar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar